Decade Counter Up/Down 74LS192 - Dengan Tampilan LED 7 Segment

Pada kesempatan ini, bisnisridho akan membahas rangkaian counter up/down. Anda sekalian tentu dapat memodifikasi bagian-bagian tertentu dari rangkaian ini untuk disesuaikan dengan aplikasi yang sedang anda buat.

Komponen-komponen penting pada rangkaian yang akan dibuat adalah 74LS192, lalu ada driver display IC 74LS47 (BCD to 7 segment driver) dan indikator display LED 7 segment common anode. Sebenarnya ada pencacah lain, seperti 4 bit binary counter yang bisa mencacah sampai 16, tetapi di sini yang digunakan adalah pencacah 10 (decade counter) karena yang hendak dibuat adalah alat pencacah bilangan desimal.
Komponen utama IC 74LS192 adalah sebuah up/down decade counter, yaitu sebuah komponen yang dapat melakukan pencacahan sampai 10 (0 sampai 9) naik dan turun. Komponen 16 pin ini cukup banyak dapat dijumpai di toko komponen elektronika. 74LS192 dibangun dengan beberapa flip-flop JK dan gerbang-gerbang logik. Transisi logik dari 0 ke 1 (Low to High) pada pin UP (pin 5), menyebabkan keluaran BCD (binary code decimal) QA,QB,QC dan QD menaik 1 digit.

Demikian juga jika ada transisi logik 0 ke 1 pada pin DN (pin 4), menyebabkan keluaran BCD turun 1 digit. Ada baiknya jika dijelaskan sedikit tentang aturan dari BCD seperti yang ada pada tabel disebelah ini. Pada tabel ini ditunjukkan kode biner 4 bit QD .. QA me-representasikan kode desimal dari 0 hingga 9. Agar dapat dimengerti oleh orang yang melihatnya, kode biner ini diubah untuk men-drive LED 7 segment dengan menggunakan komponen IC 74LS47. Dengan demikian, rangkaian ini dapat menampilkan angka desimal yang sesuai. Pada rangkaian ini dipakai LED 7 segment Common Anoda, dimana semua anoda dari masing-masing LED segment-nya terhubung menjadi satu dan mendapat suplai Vcc. Untuk menyalakan satu segmentnya, pin LED 7 segment yang bersangkutan harus di-sink (short) ke ground melalui sebuah resistor. Resistor yang digunakan adalah 100 Ohm dan ini sudah cukup terang untuk menyalakan segment LED ini. Untuk lebih jelas, diagram LED 7 segment itu ditunjukkan pada kedua gambar di atas.

IC 74LS192 dilengkapi juga dengan pin keluaran CO (Carry Out) dan BO (Borrow Out) yang masing-masing adalah normally high dan bekerja secara terpisah. Transisi keluaran desimal dari 9 ke 0 (counting up) men-trigger pin CO mengeluarkan pulsa 0 ke 1 (Low to High). Sebaliknya transisi desimal dari 0 ke 9 (counting down), men-trigger pin BO mengeluarkan pulsa 0 ke 1. Dengan demikian kedua keluaran ini dapat dipakai sebagai trigger clock untuk tingkat pencacahan berikutnya. Seperti contoh pada rangkaian-1 di bawah ini, 2 buah IC 74LS192 di-cascade untuk membuat pencacah nilai satuan dan puluhan. Pembaca dengan mudah tentu dapat melanjutkannya jika perlu membuat pencacah tingkat berikutnya untuk nilai ratusan, ribuan dan seterusnya. 


Perlu diingat, rangkaian pencacah ini akan bekerja jika pin CLR = 0 (low). Untuk itu port input RESET harus di ground atau diberi logik 0 dalam keadaan normal. Reset (tampilan desimal menunjukkan angka 0) berlaku jika pada pin CLR (pin 14) ada transisi logik dari 0 ke 1. Demikian juga dengan pin UP dan pin DN, akan bekerja (counter naik/turun) hanya jika ada transisi dari 0 ke 1 pada pin ini. Pembaca perlu menambahkan rangkaian saklar (tombol) untuk men-trigger counter (naik/turun) maupun Reset. 


Anda dapat mencoba rangkaian di atas untuk membuat saklar penghasil pulsa clock masing-masing bagi Count Up, Count Down ataupun RESET pada rangkaian-1. Di sini digunakan IC 74LS14 yang tidak lain adalah inverter schmitt trigger yang banyak digunakan untuk menghasilkan pulsa yang bebas bouncing.
Dengan tambahan resistor pull up dan kapasitor keramik, dapat dihasilkan pulsa clock yang bebas noise. Ini berguna untuk mencegah counter naik atau turun 2, 3 digit atau lebih, padahal anda hanya menekan tombol saklar ini satu kali saja. Prinsip yang sama tentu bisa saja dilakukan dengan mengganti tombol-tombol ini dengan sensor cahaya, misalnya dengan menggunakan sensor photo-transistor.

Muhammad Ridho -
Bisnis Ridho Updated at : 10:00

9 comments:

  1. up downnya g brfungsi dgn baek,gmn ne???

    ReplyDelete
  2. counternya dari 00 sampe 09 oke..
    tapi stelah itu kok loncat ya, dari 09 gak ke 10 tapi puluhanya langsung 4 = 09 > 40 > 41...49 > 50 >51...
    berikutnya juga sama 099 > 140.. gak bisa 100.

    mohom pencerahan.??

    ReplyDelete
  3. @Abdussalam : Coba rangkaiannya di cek lagi, buktinya yoko bisa walaupun masih ada sedikit kendala, Trims telah berkunjung.
    @@Yoko : coba di cek ic 74LS192 nya, terima kasih telah mampir

    ReplyDelete
  4. gan terima jasa pembuatan up/down counter 0-99 gak.,,,kalo iya saya mau pesan tolong email saya di ojiwenk@yahoo.com

    ReplyDelete
  5. minta rangkaian sensornya bisa gan?
    ane mau pake infrared dan photodiode.
    bisa kirim ke email ini,
    muhamadiqbal7@gmail.com

    ReplyDelete
  6. bisa rangkain 0-56 ga gan..
    bngung nih...
    mohon mencerahannya ya,,,
    dan kirim ke email: aris_susanto007@ymail.com

    ReplyDelete
  7. Mau nanya gan, kira2 kalo rangkaian ini diganti ICnya jadi 74LS48 bisa ngga?
    Soalnya ane pake 7 segment yg Common katoda nih..
    hehe

    ReplyDelete
  8. Agan2 sy perlu buat 7 segment nih pakai mikro kontroller. Kl ada yg bs buat di jkt dan sekitarnya tlg email ke audreyprayogo@gmail.com tks banya

    ReplyDelete