Seri Parabola, Azimuth

Pengertian Azimuth Pada Pemasangan Dish Antenna Parabola.

Ada dua istilah dalam AZIMUTH, yaitu :
  • Azimuth True.
  • Azimuth Magnetic.
Azimuth True (Azimuth Sebenarnya).
Bumi berputar pada porosnya, dimana ujung poros atas adalah kutub utara bumi, dan ujung poros bawah adalah kutub selatan bumi. Adapun dalam menghitung sudut Azimuth True, maka kutub Utara bumi ini dianggap sebagai titik Azimuth 0°, sedangkan kutub selatan bumi dianggap sebagai titik azimuth 180°.


Bumi dibagi menjadi 360 garis bujur, yaitu garis yang berawal pada kutub utara bumi dan berakhir pada kutub selatan bumi. Dengan demikian maka garis bujur ini adalah merupakan garis yang menghubungkan Azimuth true 0° dan Azimuth true 180°.
Dengan demikian dapat dikatakan jika kita membuat garis yang menghubungkan azimuth true 0° dan azimuth true 180°, maka garis yang kita buat tersebut akan sejajar dengan garis bujur bumi.
Demikian juga jika sekiranya kita tarik garis antara sudut azimuth true 90° dan azimuth true 270° maka otomatis garis tersebut akan sejajar dengan garis katulistiwa atau equator.
(untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar dibawah ini , AZIMUTH TRUE)


Azimuth Magnetic (Azimuth kompas).
Gambar diatas ( sebelah kanan ), mengilustrasikan apa yang di istilahkan dengan Azimuth Magnetic.
Azimuth magnetic adalah arah utara dan selatan magnet bumi. Atau azimuth 0° dan azimuth 180° magnet bumi. Azimuth magnetic adalah arah azimuth yang terbaca pada kompas (compass).
Oleh karena pengaruh medan magnet, bentuk kelengkungan bumi dll, maka terjadi selisih antara 0° pada azimuth true dan 0° pada azimuth magnetic. Selisih dari keduanya itu disebut dengan "deklinasi kompas".
Adapun besarnya deklinasi kompas pada setiap daerah adalah berbeda-beda.

Pengaturan Azimuth Pada Parabola.
Adapun untuk pemasangan parabola, Azimuth yang kita pergunakan adalah azimuth true. Hal ini dikarenakan, satelitte yang kita tuju adalah satelite Geostasioner yang letaknya berjajar rapi di atas garis Equator. Dimana kita ketahui bahwa garis equator adalah sejajar dengan azimuth true 90° dan 270°.
Oleh karenanya jika kita mengarahkan dish dengan bantuan kompas, maka kita perlu mengoreksi sudut azimuthnya, agar azimuth yang terbaca pada kompas (azimuth magnetic) dikoreksi menjadi Azimuth true. Cara mengoreksinya adalah dengan memasukkan besaran sudut "deklinasi kompas" pada daerah tersebut.

Gambar dibawah ini mengambarkan apa yang dimaksud dengan arah azimuth dish.


Ki Demang Saba Lintang, Forum Satelit.


Muhammad Ridho -
Bisnis Ridho Updated at : 19:05

No comments:

Post a Comment