Seri Parabola, Inklinasi

Inklinasi Pada Pemasangan Dish Antenna Parabola.

Apakah Inklinasi.
Arti dari inklinasi secara bebas (umum) adalah sudut antara bidang yang menjadi acuan dengan bidang yang diukur kemiringannya.
Adapun dalam pemasangan parabola, maka dapat diartikan bahwa inklinasi itu merupakan sudut yang terjadi antara bidang datar air atau waterpass (sebagai acuan) dan bidang datar pada pinggiran tepi dish.
Untuk lebih jelasnya bisa dilihat gambar ilustrasi dibawah ini :


Inklinasi Pada Parabola.
Pada pemasangan parabola kita juga akan menjumpai yang dinamakan sudut inklinasi.
Sudut inklinasi ini terjadi jika kita melakukan pemasangan parabola didaerah diluar garis katulistiwa.
Pada pemasangan parabola yang tepat berada pada daerah katulistiwa (garis lintang 0°) maka dish tersebut memiliki sudut inklinasi sebesar 0°.
Tetapi jika kita memasang di luar garis katulistiwa maka dish tersebut memiliki sudut inklinasi yang besarnya berbanding lurus dengan garis lintang. Jadi semakin besar garis lintangnya, maka sudut inklinasinya juga semakin besar.

Sudut Inklinasi Positif dan Negatif.
Berbicara mengenai sudut inklinasi, maka secara umum dapat dibagi menjadi 2, yaitu sudut inklinasi positif, dan sudut inkilasi negatif.
Pada penerapannya saat memasang parabola, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut.
Jika tepi parabola sebelah Utara lebih tinggi dari garis datar air, maka terjadi apa yang disebut sudut inklinasi positif, demikian juga sebaliknya, jika tepi dish sebelah selatan lebih tinggi dari bidang datar air, maka disebut dengan sudut inklinasi negatif.
Pada praktek dilapanganpun demikian pula. Jika kita memasang parabola didaerah selatan katulistiwa atau dibelahan bumi sebelah selatan katulistiwa yang biasa ditandai dengan garis lintang negatif maka sudut inklinasi yang terjadi juga disebut dengan sudut inklinasi negatif. Demikian pula jika kita memasang parabola pada daerah di belahan bumi bagian utara katulistiwa, dimana disitu di kenal dengan garis lintang positif, maka sudut inklinasi yang terjadi juga merupakan sudut inklinasi positif.
Untuk lebih jelasnya bisa disimak gambar ilustrasi dibawah ini :


Pengaturan sudut inklinasi ini, dapat ditemui pada pemasangan parabola yang menggunakan mounting jenis polar dan mounting horizon to horizon.
Sedangkan untuk mounting fixed semacam groundmount dan wallmount, pengaturan inklinasi tidak ditemui.
Gambar dibawah ini adalah mounting jenis polar yang biasa ditemui di pasaran. Disitu terdapat baut yang berfungsi sebagai poros atau sumbu putar inklinasi dan baut panjang yang berfungsi sebagai pengatur besaran sudut inklinasi.


Mengukur Besar Sudut Inklinasi.
Untuk mengukur besaran sudut inklinasi secara tepat, maka kita bisa menggunakan alat yang bernama Protactor, Inclinometer, Waterpass digital, dll.
Walaupun sedikit rumit, tetapi mengukur sudut inklinasi melalui tepi dish adalah cara yang paling akurat.
Sebagai gambaran saja, bisa dilihat pada ilustrasi dibawah ini :


Berapa derajat Sudut Inklinasi Yang Dibutuhkan.
Besarnya sudut inklinasi pada pemasangan parabola tergantung dari lokasi atau daerah pemasangannya.Dimana besarnya sudut inklinasi ini bisa dikatakan berbanding lurus dengan garis lintang daerah tersebut.Oleh karenanya, pemasangan dish di daerah dekat katulistiwa atau pada garis lintang kecil, maka sudut inklinasi juga kecil. Tetapi jika pemasangannya jauh dari katulistiwa atau terletak pada garis lintang besar (baik positif maupun negatif) maka sudut inklinasinya juga besar (baik bersifat positif maupun negatif). Agar lebih mempermudah untuk menentukan besarnya sudut inklinasi, maka dibawah ini saya sertakan tabel besaran sudut inklinasi berdasarkan garis lintang. Jadi tinggal menentukan saja, daerah yang dipasang parabola itu terletak pada garis lintang berapa, maka dengan menarik garis lurus keatas (hingga bertemu garis merah) maka dari titik pertemuan itu ditarik garis kekiri, akan ditemuilah besaran sudut inklinasi yang diperlukan.


Ki Demang Saba Lintang, Forum Satelit.


Muhammad Ridho -
Bisnis Ridho Updated at : 19:07

No comments:

Post a Comment