Cara Menghitung Jarak Antara 2 LNB

Di Indonesia, siaran TV lokal FTA/gratis sebagian besar berada di 2 satelit, yaitu satelit Palapa D pada posisi orbit 113.0° East dan satelit Telkom 1 pada posisi orbit 108.0° East. Karena wilayah Indoneisa yang sangat luas dan terdiri dari kepulauan, banyak wilayah yang belum terjangkau oleh stasiun TV lokal. Sehingga masyarakat di Indonesia yang ingin menikmati siaran TV lokal secara gratis harus memiliki antena parabola untuk menangkap siaran langsung dari satelit.
Seperti dikemukakan di awal, siaran TV lokal FTA/gratis milik Indonesia sebagian besar berada di 2 satelit. Hal ini membuat masyarakat pemilik parabola harus memiliki parabola dengan sistem penggerak untuk merubah arah parabola antara satelit satu dengan satelit yang kedua. Banyak yang menilai hal ini kurang ekonomis jika digunakan hanya untuk mengarahkan ke 2 satelit ( tentunya sistem ini sangat baik digunakan untuk mengarahkan ke banyak satelit selama masih berada didalam Beam/cakupan area sinyal satelit itu sendiri).
Agar dapat menjadi lebih ekonomis maka produsen antena parabola di indonesia menyediakan antena parabola yang dapat menangkap 2 satelit tanpa harus merubah arah antena parabola. Antena parabola ini dilengkapi dengan 2 buah LNB dalam satu dish. Baik pada saat pemasangan maupun pada saat perbaikan banyak masyarakat yang awam sehingga harus mendatangkan jasa teknisi parabola. Padahal kalau tahu caranya, hal ini tentu bukan hal yang sulit.
Berikut ini anda dapat mendownload/mengunduh Rumus Jarak Antar 2 LNB yang dibuat oleh rekan Forsat, Axelrose04. Rumus ini dapat digunakan oleh masyarakat awam sekalipun dan tentunya para teknisi parabola yang mungkin selama ini hanya berdasarkan pengalaman. Rumus ini dapat menghitung jarak antar 2 LNB baik yang akan digunakan untuk satelit Palapa D dan Telkom 1 yang dikemukakan diatas maupun menghitung jarak 2 LNB yang akan digunakan satelit satelit lainnya. Rumus ini hanya membutuhkan parameter parameter umum yang dapat dengan mudah kita peroleh.


Silakan bagi yang ingin mendownload/mengunduh Rumus Jarak Antar 2 LNB.


Muhammad Ridho -
Bisnis Ridho Updated at : 15:54

No comments:

Post a Comment